Bansigom Donja keu Aceh

ACDenmark (ACDK) Bireuen Tepung Tawari Kandang Kambing

ACDenmark (ACDK) Bireuen Tepung Tawari Kandang Kambing
Rate this post
Teungku Imuem gampong sedang menepung tawari (Peusijuek) kandang kambing kelompok yang dibentuk ACDK Bireuen yang berlokasi di gampong Alue Sijuek, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen – Aceh, kamis 03/06/2010 [Foto/ACDK Bireuen].

WAA News – Jumat 04/06/2010

ACDenmark (ACDK) Bireuen Tepung Tawari Kandang Kambing

BIREUEN – Kamis 03 Juni 2010 sekitar pukul 08.00 wib, sebuah kelompok binaan ACDenmark (ACDK) Bireuen melakukan acara peusijuek (tepung tawari) kandang kambing yang berlokasi di gampong Alue Sijuek, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen – Aceh.

Acara peusijuek tersebut dilakukan oleh Teungku Imuem gampong setempat serta ditemani oleh beberapa orang perangkat gampong dilokasi peternakan kambing kelompok binaan ACDK Bireuen.

Selain dari pada itu, ACDK juga mengundang beberapa orang anak yatim/piatu dari sekolah dasar (SD) gampong Alue Sijuek kecamatan peudada yang diantar langsung oleh guru mereka ketempat acara peusijuek, untuk anak yatim/piatu tersebut juga diberikan bingkisan berupa uang alakadar yang dimasukkan kedalam amplop.

Kelompok yang di bentuk ACDK sejak januari 2010 di Alue Sijuek, Peudada di jalankan dengan konsep mawah (bagi hasil) sebagai salah satu sistim yang pernah masyhur di Aceh tempo dulu.

Kelompok ini merupakan kelompok pilot, dan hasilnya akan terus di catat dan di perhatikan dari setiap bulan hingga setahun, untuk kemudian bisa menentukan program ini dapat di lanjutkan secara berterusan termasuk kedaerah-daerah lain nantinya di Aceh, namun hingga hari ini nampaknya peternakan kambing tersebut berjalan cukub efektif dan baik, induk kambingpun terus di perbanyak jumlahnya setiap bulan, bahkan ada yang sudah mulai beranak.

ACDK menginginkan konsep mawah (bagi hasil) ini bisa menjadi sebagai penggerak dan semangat baru kepada masyarakat gampong dalam membangun perekonomiannya masing-masing.

ACDK  mengajak masyarakat Aceh di mana pun, yang memiliki modal sekalipun dua ekor kambing dan punya minat dalam usaha ternak bisa saja menggunakan konsep ini untuk membangun ekonomi masyakarakat gampong yang saling menguntungkan, atau bisa juga menyerahkan melalui ACDenmark (ACDK) untuk mengurus berdasarkan syarat yang di tetap dalam perjajian nantinya.

 

ACDenmark (ACDK) Bireuen

SAIFANNUR MUHAMMAD
STAFF PROGRAM
Mobile/Hp: 0812 69 865 909
E-mail: acdk.bireuen@gmail.com

Anak yatim – piatu dari sekolah dasar (SD) gampong Alue Sijuek kecamatan peudada di undang pada peusijuek (menepung tawari) Kandang Kambing ACDenmark (ACDK) Bireuen kamis 03/06/2010 [Foto/ACDK Bireuen].
ACDenmark (ACDK) Bireuen Tepung Tawari Kandang Kambing
Rate this post
0

Comments

comments


Comments to ACDenmark (ACDK) Bireuen Tepung Tawari Kandang Kambing

Loading...

17. December 2017

Clear all