Bansigom Donja keu Aceh

ACDenmark Bangun Ekonomi Gampong

ACDenmark Bangun Ekonomi Gampong
Rate this post
Kambing Bagi Hasil ACDenmark di Bireuen, Aceh [Foto/Zulhelmi The Globe Journal].

WAA News – Sabtu 17/04/2010

ACDenmark Bangun Ekonomi Gampong

Zulhelmi | The Globe Journal | Sabtu, 17 April 2010Bireuen – Untuk mendongrak perekonomiaan masyarakat gampong (desa-Red) warga Aceh yang bermukim di Denmark sedang bekerja membangun ekonomi masyarakat gampong yang menggunakan resam budaya Aceh. Pembangunan perkonomian yang diberi nama ACDenmark itu untuk tahap ini berkosentrasi pada pemeliharaan kambing dengan sistim mendua laba atau dalam bahasa Aceh Mawah.

Menurut Saifanur selaku sekretaris kelompok pemeliharaan kambing di Desa Alue Sijuk Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen,kepala The Globe Journal yang di hubungi via telepon seluler Sabtu (17/4) mengatakan ACDenmark telah memberikan bantuan kambing pada tahap awal ini sebanyak 20 ekor kepada 2 kelompok di desa tersebut.

” Kami telah menerima 20 ekor kambing dari ACDenmark, setiap kelompok berjumlah 10 orang. Sudah empat bulan kambing yang diberikan itu kami pelihara,” katanya.

Dilanjutkannya, hewan peliharaan tersebut nantinya akan dijual dan keuntungannya di bagi dua dengan ACDenmark, setelah itu modal dari pembelian kambing tersebut akan dipergunakan lagi untuk membeli kambing yang lain.Diharapkan dengan adanya sistim bagi laba ini dengan warga Aceh yang ada di luar negeri, perekonomian masyarakat gampong terutama warga Alue Sijuk Kecamatan Peudada Bireuen meningkat. 

[001]

http://www.theglobejournal.com/kategori/ekonomi/acdenmark–bangun-ekonomi-gampong.php

ACDenmark Bangun Ekonomi Gampong
Rate this post
0

Comments

comments


Comments to ACDenmark Bangun Ekonomi Gampong

Loading...

18. October 2017

Clear all