Bansigom Donja keu Aceh

ACDK Panen Perdana, Jagung Bisi 816

ACDK Panen Perdana, Jagung Bisi 816
Rate this post

Dari kanan, Jufri dari PLA (Dinas Pertanian Kab.Bireuen), Saifuddin A.Gani (Ketua ACDK),Tarmizi Age (Pembina ACDK), Tgk M.Yani (Pengontrol Lapangan di Lembaga ACDK), (Foto-Dok-ACDK)

WAA NEWS – Kelompok Usaha Baru Glee Cot Pupoek, Gampong Cot kruet, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, Aceh sebuah kelompok binaan lembaga ACDK (AC-Denmark) melakukan panen perdana Jagung Bisi 816 dilahan seluas 1 Ha, pada kamis 20 september 2012. Penanaman ini berkat bantuan optimasi lahan jagung dari Dispernakbunhut anggaran tahun 2011-2012.

Kelompok ini harus melakukan panen muda karena memikirkan nilai keuntungan yang signifikan, pada dasarnya mereka memiliki rencana untuk panen tua, karena mengingat jagung muda di kabupaten Bireuen masih di butuhkan untuk makanan lain selain makanan pokok (snack) dan bahkan saat ini ada para pedagang harus mencari jagung ke luar Kabupaten.

Secara prinsip menurut Idris Kasem Manager Program ACDK jika di kalkulasi secara ekonomi panen muda sebenarnya merugikan, seharusnya jika penanaman di lakukan secara besar-besaran di Kabupaten Bireuen, dengan sendirinya panen muda tidak perlu di lakukan oleh petani karena kebutuhan memang mencukupi.

Jika di lihat dari struktur tanah cukup meyakinkan memiliki potensi bagi tanaman jagung dan ini telah di buktikan oleh kelompok Usaha Baru Binaan Lembaga ACDK. Nah dengan sumber daya ini pemerintah harus memiliki andil untuk menciptakan program penanaman jagung secara serantak dan selanjutnya perlu menciptakan nilai jual (pemasaran) yang stabil dan pastinya mampu mencukupi kebutuhan lokal.

Panen Perdana Jagung 816 ini di hadiri oleh Jufri PLA (Pengembangan Lahan dan Air) dan Ir. M. Kasim di Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen, Saifuddin A.Gani (Ketua ACDK), Tarmizi Age (Mukarram) Pembina ACDK, dan anggota kelompok Usaha Baru.

Dalam suasana menikamati jagung rebus di lokasi, Mukarram sebagai Pembina ACDK menyampaikan salah satu hal penting untuk meningkatkan perekonomian Kabupaten Bireuen adalah dengan ”melakukan pemberdayaan ekonomi manyarakat tani dengan pola modal, dukung, dan bina sehingga pelaku sukses”.

Mukhtaruddin SH salah seorang tokoh muda BIreuen dan Yusri Sp (Dinas Perkebunan) Kabupaten Bireuen ikut menghadiri panen jagung binaan Lembaga ACDK di Glee Cot Pupoek, Gampong Cot Kruet, Kecamatan Peudada Bireun, Aceh, semua yang hadir turut bawa hasil panen buat keluarga masing-masing.

Oleh Irwansyah (Ketua Bidang Dukumentasi dan Publikasi ACDK)

ACDK Panen Perdana, Jagung Bisi 816
Rate this post
0

Loading Facebook Comments ...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...