Bansigom Donja keu Aceh

AL-Qur’an Mengukir Sejarah Tentang Wanita Di Dunia

AL-Qur’an Mengukir Sejarah Tentang Wanita Di Dunia
Rate this post
Safrizal July, S.Pd.I

WAA News – Rabu 25/03/2009

Sebuah study perbandingan antara wanita mulia dan tercela dalam sejara

OPINI – Al-qur’an merupakan sebuah mukjizat istimewa yang allah turunkan kepada Nabi Muhammad untuk menjadi pedoman seluruh umat manusia. Diantara keistimewaannya, al-qu’an merupakan kitab yang abadi. Kondisinya tidak pernah berubah dari permulaan turun hingga akhir zaman nantinya. Al-qur’an juga merupakan kitab yang paling sering di baca setiap harinya oleh manusia di dunia. Isinya tidak bertentangan antara ayat yang satu dengan lainnya. Kandungannya sangat menyeluruh. Mulai dari urusan ketauhidan sampai dengan urusan kehidupan didunia seluruhnya. Tidak ada didunia ini kitab yang syamil seperti al-qur’an. Tidak ada satu orangpun didunia ini baik dulu maupun sekarang dan yang akan datang dapat merubah isi al-qur’an. Allah selalu menjaganya dari perubahan tangan kotor manusia, seperti firman allah dalam al-qur’an “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya” (surat al-hijr: 9)

Seluruh isi yang terkandung didalam al-qur’an merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Tidak ada satu ayat pun didalam al-quran yang sia-sia. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebagian besar dari isinya menyangkut tentang sejarah umat yang terdahulu. Sebagai contoh yaitu kisah penciptaan adam sebagai manusia pertama dan kisah para raja yang ternama dalam sejarah seperti raja Ramses II (disebut sebagai fir’aun di dalam al-qur’an), Raja zulkarnen, raja namruz danlainnya. Al-qur’an juga menyebutkan tentang sejarah para nabi yang membawa perubahan dan perbaikan di tengah umat yang telah rusah moral dan pola hidupnya.

Selain dari pada itu Al-qur’an juga mengukir sejarah kaum wanita istimewa dalam sejarah seperti yang allah jelaskan di dalam al-qur’an surat at-tahrim: “Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), Maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): “Masuklah ke dalam Jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam).Dan Allah membuat isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah Aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah Aku dari kaum yang zhalim. Dan (Ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, Maka kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-KitabNya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.(surat At-tahrim ayat 10 s/d 12).

Dari tiga ayat terakhir dari surat at-tahrim diatas dapat kita perhatikan tentang perhatian al-qur’an terhadap wanita dan membagi wanita menjadi tiga tipe yang terdapat di dalam sejarah. Yang pertama, adalah tipe wanita yang merusak dan berkhianat terhadap suami dan membangkang dari kebenaran. Wanita seperti ini hanya membuat kerusakan dibumi dan mengganggu orang banyak.
Di zaman rasulullah juga di kenal adanya seorang wanita yang sangat memusuhi rasulullah dan mencacinya yang di kenal dengan nama Hindun. Sampai didalam perang sekalipun ia menyuruh anak buahnya untuk membunuh Hamzah (paman nabi) dan menyiksanya serta mengambil hati karena geramnya kepada hamzah.

Selain dari pada itu kita juga mengenal wanita dalam sejarah seperti Ratu Elizabeth I (Elizabeth I of England 1533 – 1603), Elizabeth Bathory, merupakan seorang pembunuh berantai terbesar dalam sejarah, tercatat kurang lebih 650 nyawa manusia melayang sia-sia ditangannya.

Ini adalah pencapaian rekor kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh seorang individu dengan memakan korban tertinggi sepanjang sejarah umat manusia. dalam perintahnya untuk menindas paham Katolik, ribuan penganut Katolik di Inggris dan Irlandia dibunuh. Selama dia melakukan hal-hal baik untuk kehormatan parlemen, dia juga merupakan Ratu yang kejam. Sebagai tambahan, Elizabeth memberikan Queen Mary of Scots tempat perlindungan, lalu tiba-tiba mengkhianatinya dan meletakkan dia didalam penjara selama hampir 19 tahun, lalu membunuh dia. Dia menganjurkan perompakan melawan kapal-kapal Spanyol dan mendukung penukaran budak.

Selain dari itu kita juga mengenal Williamina “Minnie” Dean 1844 – 1895 (selandia baru). Minnie Dean adalah satu-satunya wanita yang dieksekusi dalam sejarah Selandia Baru. Dia dieksekusi dengan digantung. Berkedok menyelamatkan gadis muda yang miskin, wanita iblis ini membunuh anak mereka dan mengambil uang mereka untuk meningkatkan gaya hidupnya.

Pada waktu itu, wanita muda yang hamil tanpa suami dijauhi oleh masyarakat. Hal ini memunculkan suatu kejadian phenomena yang disebut “baby farming” dimana orang akan mengajukan diri untuk mengambil anak mereka dan membesarkan mereka dengan gaji dari pemerintah. Dean adalah salah satu orang tua asuh, tetapi daripada membesarkan anak-anak itu, dia justru membunuh mereka ketika ada kesempatan dan mengambil gaji itu.

Hal ini sangat memungkinkan dilakukan karena orang tua adopsi tidak harus mendaftar sesuai hukum. Dalam banyak kasus, anak-anak itu lenyap di rumah para orang tua asuh ini. Dean membunuh paling tidak 3 anak tetapi banyak orang yang menduga dia membunuh lebih dari itu. Saat ini, tulang dari 3 anak itu disimpan didalam museum pribadi polisi Selandia Baru. Dan banyak kisah lainnya tentang wanita yang kejam dalam sejarah.

Yang kedua, adalah wanita yang baik dan teguh dalam memegang prinsipnya walaupun dianiaya oleh orang-orang yang dhalim. Seperti allah jelaskan didalam al-qur’an tentang Asiah (istri fir’aun), merupakan seorang wanita yang baik dan membela kebenaran serta mempertahankan aqidah dan keyakinannya walaupun disiksa oleh fir’aun. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu ya’la dalam musnadnya dari abu hurairah berkata: sesungguhnya fir’aun menancipkan patok sebanyak empat buah pada kedua tangan dan kaki istrinya. Jika para penjaga berpencar darinya, maka par malaikat menaunginya. Dia berkata: ya tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisimu dalam surga dan selamatkan aku dari fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang zalim. (at-tahrim;11) maka allah menampakkan untuknya rumah di surga. (shahih menurut Albani) Halaman 374 (kitab qashashul anbiya.).

Dalam hadits yang lain disebutkan tentang kisah seorang wanita penyisir rambut putri fir’aun yang karena mempertahankan keyakinan dan akidah islam yang benar dalam dirinya sampai dia disiksa oleh fir’aun yang dhalim seperti yang di sebutkan dalam Hadits yang diriwayatkan dari ibnu abbas berkata bahwa rasulullah bersabda. Pada malam aku berisra’ aku mencium aroma yang harum. Aku bertanya: wahai jibril, aroma apa ini.? Jibril menjawab, ini adalah aroma wanita penyisir fir’aun dan anak-anak wanita itu. Aku bertanya bagaimana kisahnya.? Jibril menjawab, suatu hari ketika dia sedang menyisir putrid fir’aun, tiba-tiba sisir jatuh dari tangannya.

Dia berkata bismillah. Putrid fir’aun berkata kepadanya, bapakku. Dia menjawab: bukan, akan tetapi tuhanku dan tuhan bapakmu adalah allah. Putrid fir’aun berkata: aku akn sampaikan itu kepada bapakku. Dia menjawab lakukanlah. Maka putrid fir’aun menyampaikan hal itu kepada bapaknya. Fir’au memanggilnya dan bertanya, wahai fulanah, apakah kamu mempunyai tuhan selain aku.? Dia menjawab ya, tuhanku dan tuhanmu adalah allah. Lalu fir’aun memerintahkan agar dihadirkan seekor sapi dari tembaga. Setelah di panaskan, di memerintahkan agar wanita itu berikut anak-anaknya di lemparkan kedalamnya. Wanita itu berkata: aku ada perlu denganmu.

Fir’aun berkata; apa keperluanmu.? Wanita menjawab: aku ingin kamu mengumpulkan tulang-tulangku dan ankku dalam sebungkus kain lalu mengubur kami. Fir’aun menjawab: itu menjadi hakmu atas kami. Jibril berkata: lalu anak-anaknya di hadirkan. Satu persatu dilemparkan kedalamnya di depan matanya. Sampai akhirnya tiba giliran bayinya yang masih menyusu. Wanita ini ,maju mundur, maka bayinya berkata kepadanya. Wahai ibuku, masuklah karena azab dunia lebih ringan dari azab akhirat. Maka dia pun masuk. Ibnu abbas berkata: ada empat bayi yang dapat berbicara: isa bin maryam, bayi juraij, saksi yusuf, putra wanita penyisir fr’aun.” (Riwayat ahmad ).

Kisah yang lain juga allah jelaskan tentang kisah ratu balqis. Dia adalah seorang ratu yang kerkuasa di negerinya yang memerintah dengan adil dan bijak sana. Kemuadia allah berikan hidayah dan masuk kedalam agama islam berkat da’wah dari Nabi Sulaiman A.S. dalam sejarah kerajaan aceh kita juga mengenal wanita yang memerintah dengan adil dan berakhlaq mulia. Seperti Sultanah Tajul Alam Safiatuddin Syah (1641-1675), putri Iskandar Muda, adalah wanita pertama yang menjadi sultan Aceh dan Sultanah Nurul Alam Nakiatuddin (1675-1677). Selain dari pada itu juga di aceh ada seorang laksamana Malahayati yang menjadi panglima laut serta memiliki srikandi yang terkenal dengan gagah dan berani dalam mengusir penjajah seperti cut nyak dhien dan cut mutia serta pejuang wanita yang lainnya.

Yang ketiga, adalah tipe wanita yang suci dan memiliki akhlaq yang mulia serta menjadi panutan dan contoh teladan sepanjang sejarah seperti maryam binti imran. Maryam merupakan seorang wanita yang suci dan menjaga kehormatannya. Kisahnya banyak sekali allah sebutkan di dalam al-qur’an. Dia merupakan ibu dari seorang nabi yang mulia disisi allah yang menjadi panutan bagi ummat. Selain dari itu kita juga mengenal seorang wanita kaya istri rasulullah yang bernama khatijah yang menjadi pejuang dan pembela rasulullah dalam menegakkan islam sehingga allah menjaminnya salah seorang wanita penghuni surga yang mulia. Selain dari itu juga banyak sekali wanita lainnya yang menjadi teladan bagi umat manusia seluruhnya.

Ini merupakan sebuah pelajaran penting bagi para wanita secara khusus tentang tipe yang mana yang harus dimiliki oleh seorang wanita. Apakah tipe wanita perusah dan penghianat yang dia inginkan……? seperti yang terdapat dalam sejarah yang selalu membuat resah orang di sekitarnya. Selalu berakhlaq kotor dan jauh dari kebenaran. Kehidupannya selalu menodai sejarah dari di hina sepanjang jaman. Ataukah tipe wanita terpuji dan menjaga kehormatannya…..? dia dimuliakan di zamannya dan di puji serta menjadi teladan di sepanjang zaman.

Allah juga menjamin mereka kesurganya. Namanya harum mewangi bagaikan kesturi. Selalu di puji orang yang mengenalnya. Walaupun dimana hidupnya mereka adalah wanita yang disiksa, di intimidasi, oleh penguasa yang zalim, tapi di akhir krhidupannya mereka adalah orang yang mulia. Karena untuk mendapatkan kemulian memang harus dengan pengorbanan dan perjuangan.

Penulis adalah Safrizal July, S.Pd.I

AL-Qur’an Mengukir Sejarah Tentang Wanita Di Dunia
Rate this post
0

Comments

comments


Comments to AL-Qur’an Mengukir Sejarah Tentang Wanita Di Dunia

Loading...

18. October 2017

Clear all