Bansigom Donja keu Aceh

Apresiasi Komunitas Korban Terhadap T. Rudi Fatahul Hadi

Rate this post
Peringatan 11 Tahun Tragedi kekerasan Di Gedung KNPI Lhokseumawe, sabtu 09 Januari 2010[Foto- Dok-K2HAU].

WAA News – Jumat 15/01/2010

Siaran Pers

No. 01/I/K2HAU/2010

Apresiasi Komunitas Korban Terhadap T. Rudi Fatahul Hadi

ACEH – Lembaga Komunitas korban HAM Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe (K2HAU) dalam rangka peringatan ke 11 tahun tragedy Gedung KNPI pada 09 Januari 2010 telah menyampaikan 7 poin Rekomendasi kepada pemerintah, dan 2 (dua) diantaranya sangat mendesak yaitu menyangkut pendidikan dan pembangunan monument sejarah kejadian Tragedi  KNPI Lhokseumawe. Untuk hal ini, Komunitas memberikan apreasi yang tinggi terhadap inisiatif dari T. Rudi Fatahul Hadi anggota Legislatif DPRK LHokseumawe untuk memperjuang segera terwujudnya poin-poin tuntutan dari masyarakat korban tersebut (Serambi Indonesia 14 Januari 2010).

Oleh karena itu kami mendesak pengalokasian Dana  Pendidikan anak korban pelanggaran HAM yang ada di kota Lhokseumawe seperti anak korban Tragedi Gedung KNPI untuk segera direalisasikan dalam tahun anggaran 2010, mengingat hak untuk mendapat pendidikan yang layak merupakan salah satu wujud penghormatan Pemerintah  terhadap penegakan HAM.

Dalam hal ini lembaga K2HAU siap mendukung dinas Pendidikan kota Lhokseumawe untuk melakukan pendataan secara transparan dan dapat diverifikasi untuk menghindari pemberian dana yang tidak tepat sasaran.

Begitu pula  dengan rencana pembagunan monument peringatan Tragedi Gedung KNPI, pembangunan ini  jangan sampai mengaburkan sejarah artinya monumen tersebut harus di buat di lokasi terjadinya tragedy yaitu di gedung KNPI Lhokseumawe. Dan harus terbangun pada tahun 2010 ini.

Harapan Komunitas Korban HAM Aceh utara dan Kota Lhokseumawe (K2HAU), peringatan tragedi KNPI kedepan langsung bisa dipusatkan di gedung KNPI.

Satu hal lagi yang penting adalah pihak pemerintahan kota  Lhokseumawe untuk segera melakukan pemulihan psikologi pasca trauma bagi korban yang sampai hari ini masih mengalami trauma akibat kejadian tersebut.

Muhammad Usman
Kepala Bidang Operasional K2HAU

Rate this post
0

Loading Facebook Comments ...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...