Bansigom Donja keu Aceh

Buka puasa bersama di Jammerbugt Kommune Danmark

Rate this post

Danmark – Sabtu 19/07/14, Tahun ini waktu berpuasa di Danmark agak lumayan lama, di hari pertama ramadhan puasanya hampir mencapai 20 jam karena bertepatan kemucak musim panas ( lama waktu hari dengan malam : fajar 02:37 – Maghrip 22:20 ).

Kegiatan buka puasa bersama secara terbuka yang saban tahun kita buat dalam setiap bulan suci ramadhan. Kali ini bertepatan 21 ramadhan Lembaga World Acehnese Association (WAA) menyediakan tempat untuk acara buka puasa bersama dalam kawasan kota madiya Jammerbugt Kommune yang beralamat di Tjørnevæget 1, 9460 Brovst. Selain acara berbuka puasa, ada juga kegiatan lain pada malam tersebut, seperti peyerahan zakat fitrah, shalat taraweh dan makan sahur bersama.

Secara kultural, acara seperti ini tidak jauh bedanya dengan di Aceh walaupun mereka tinggal di Danmark. Alhamdulillah ” khanduri ” makanan dan minuman pun beragam jenis yang dibawa dari rumah masing-masing oleh rakan-rakan dan handaitaulan. Sambil menunggu waktu berbukanya tiba, rakan-rakan mempersiapkan berbagai porsi makanan untuk menu berbuka puasa.
IMG_3758Waktu berbuka puasa pada hari kedua puluh satu ramadhan dalam kawasan kota madiya Jammerbugt Kommune pukul 22:00 dan waktu Imsak pukul 02:50, berarti jadwal waktu berpuasa tidak jauh beda dari hari-hari sebelumnya.

Setelah shalat magrib berjamaah, mereka melanjutkan lagi dengan sesi makan sambil santai dan ngobrol. Berselang satu jam kemudia, panitia acara mengumumkan kepada semua hadirin bahwa bagi siapa saja yang mau menyerahkan zakat fitrah dalam tahun ini, maka kita sudah menyiapkan tempat dan akan segera kita menerima zakat fitrah saudara serta saudari. ” Ujar syeh ”

Mengenai dengan zakat fitrah tahun ini kita kumpulkan lebih awal karena rencananya nanti setelah terkumpul, uang zakat fitrahnya akan kita kirim ke aceh dan akan kita usaha bagikan sebelelum hari meugang oleh team kerja social yang ada di Aceh yang sudah dihubungi oleh koordinator World Acehnese Association.

IMG_3771Waktu penyerahan zakat fitrah tahap petama sekitar satu jam karena jam 00:00 sudah masuknya waktu shalat Insya. Bagi yang tidak sempat tahap itu, maka acara serah terima zakat fitrah kita lanjutkan selepas melanjutkan salat Taraweh hingga selesai acara pada pukul 03:00. Alhamdulillah jumlah zakat fitrah yang terkumpul pada malam itu dengan jumlah uang 4.500 Krone dan insyaAllah uang tersebuat akan kita kirimkan kebeberapa daerah di Aceh dalam watu dekat ini sebagai bentuk rasa kepedulian untuk membantu meringankan orang-orang yang paling layak dibantu walaupun tidak banyak tetapi dapat merasakan.

Semoga harapan kita semua, sedekah zakat fitrah tahun ini dapat tersalurkan sebagaimana harapan kita.Terimakasih atas partisipasi serta dukungan rakan-rakan, syedara-syedara Aceh di Danmark dalam menciptakan sesuatu untuk membantu sesama.

Koordinator WAA

Hassan Basri
Tlpn: +45 23479363
Email: atjehwaa@gmail.com

Rate this post
2

Loading Facebook Comments ...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...