Bansigom Donja keu Aceh

Buka Puasa Dan Sahur Bersama Aktitis WAA Dengan Handaitaulan Aceh di Denmark

Buka Puasa Dan Sahur Bersama Aktitis WAA Dengan Handaitaulan Aceh di Denmark
Rate this post

Menjelang buka puasa bersama pada 18 Ramadhan di Denmark (Gambar WAA)

WAA News – Kalangan aktivis World Acehnese Asscotiation (WAA), Sabtu (27/7/2013) melaksankana buka puasa dan sahur bersama dengan handaitaulan Aceh di Thulevej 54 st, tv 9210 Sø Aalborg, Denmark.

Dihari kedelapan belas (18) Ramdhaan waktu berpuasa masih lumanyan panjang karena masih bertepatan dalam musim panas. Namun panjangnya waktu tidak membuat kami terkendala dalam melakukan ibadah puasa Ramadhan tahu ini. Kami tetap saja setia menunggu waktu berbuka puasa pada pukul 21:44.

Sambil menunggu waktu berbuka tiba, panitia bersama nampak sedang mempersiapkan dan mengatur hidangan piring kuweh-muweh di atas meja dengan berbagai pariasi. Ditambahlagi dengan Jus buah semangka, air ketimun dan air halia dingin yang kaya cita rasa. Setelah buka puasa bersama kami langsung melakukan shalat Magrib berjamaah. Selesai menunaikan kewajiban, semua hadirin baru melanjutkan dengan acara makan nasi menu khas Aceh yang sudah disediakan sambil menunggu waktunyaa shalat Insya.

Pada pukul 23:50 kami mulai shalat fardu Insya dan melanjutkan lagi dengan shalat sunat Tarawih berjamaah 20 rakaat beserta ditambahi dengan witir hingga selesai pada pukul 01:18 yang di imami oleh Tgk. Safwan.

Seusai Tarawih, kordinator WAA “ Nek Hasan “ menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada rakan-rakan dan handaitaulan Aceh yang sudah sama-sama melakukan sebuah majelis bukan puasa bersama beserta shlalat berjamaah. Semoga Allah akan menghimpunkan kita semua di hari kelak nanti di majelis yang baik pulak. Dalam kesempaatan itu, Nek juga menyinggung tentang peristiwa Nuzul Quran (kisah turunnya kitab suci Alquran) yang diturunkan oleh Allah dalam bulan suci Ramadhan sebagai “ Rahmatan LilÁlaimain “, maka kita gunakan Alquran itu sebagai panduan hidup ! Begitulah di akhir untainnya.

Sesudah itu beberpa aktivis WAA meluangkan waktu untuk melakukan Tadarus Al-Quran sampai waktu sahur. Setelah sahur bersama (masuk imsak pukuk 03:00 waktu denmark), rakan-rakan dan handaitaulan Aceh mengakhiri malam yang menyenangkan itu dengan shalat Subuh berjamaah yang di imami oleh Tgk. Hasan Basri, kemudian para hadirin sekalian sama-sama mengundurkan diri pamit untuk pulang ketempat masing-masing.

Begitulah kegiatan buka puasa dan sahur bersama sudah menjadi program tahunan Organisasi WAA semenjak berdirinya tujuh tahun yang lalu di Denmark. Lembaga itu sudah mempersiapkan plan jauh hari untuk membentuk satu team safari Ramadhan khusus dalam melakukan aktivitasnya selama bulan puasa di beberapa kawasan.

Ini merupakan atas komitmen kawan-kawan sesama aktivis dan handaitaulan Aceh di Denmark dalam mempererat hubungan silaturrahmi, juga menghidupkan cinta Ramadhan dengan keramahtamahan yang penuh keikhlasan dan sabar. Tidak hanya itu saja tetapi program-program seperti ini juga memperlihatkan pada anak-anak Aceh, betapa pentingnya nilai kebersamaan dalam berjamaah.

Menurut Syukri Ibrahim sebagai panitia tempat acara menyebutkan, Alhamdulillah kegiatan ini selain sebagai salah satu cara berbagi sesama, juga menjadi ajang intropeksi diri untuk lebih banyak lagi melakukan kegiataan-kegiatan dalam menghiyasi bulan suci Ramdhan yang penuh rahmah dan hidayah Allah Swt.

Oleh, Kordinator WAA

Buka Puasa Dan Sahur Bersama Aktitis WAA Dengan Handaitaulan Aceh di Denmark
Rate this post
0

Loading Facebook Comments ...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *