Bansigom Donja keu Aceh

Kepengurusan Baru Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir di Bentuk

Rate this post
Kepengurusan Baru Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir di Bentuk Kamis, 23 Juli 2009 [Foto Azwir Muhammad Hasan/Waa].

WAA News – Selasa 04/08/2009

Catatan: Azwir Muhammad Hasan

MESIR – Kamis, 23 Juli 2009 merupakan hari yang bersejarah bagi KMA Mesir, pada hari itu telah terpilih sang nahkoda baru KMA yaitu Tgk. Mubashshirullah bin Musa Umar yang menang mutlak dalam pemungutan suara yang berlangsung sengit, acara yang diadakan di Meuligoe KMA Mesir ini berlangsung kurang lebih tujuh jam.

Sebelum acara pemilihan nahkoda baru KMA ini dimulai, terlebih dahulu telah diadakan acara Syura bil Muhasabah, yaitu acara pertanggung jawaban ketua KMA dan jajarannya yang terdahulu, acara dimulai dengan pembukaan oleh protokol, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Tgk. Muhammad Abduh, lalu kata-kata sambutan,kata sambutan pertama oleh Ketua Panitia Acara, Tgk. Hanif Muhammad Dahlan, kemudian dari Koordinator Majlis Syura, Tgk. H. Amri Fatmi Anziz, Lc..

Setelah seluruh pemuka KMA memberikan kata-kata sambutan dan arahan, barulah dimulai sidang pleno pertanggung jawaban ketua KMA lama, BPH dan seluruh koordinator bagian masing-masing. Acara ini dimulai dengan pembukaan sidang oleh Dewan Presidium Sidang, Tgk. H. Muakhir Zakaria S.Pd.I., Dpl. dan Tgk H. Riza Nazlianto, Lc.. Setelah pembukaan sidang barulah para nahkoda KMA lama yang ketuai oleh Tgk. Yusri Noval Syukri, Lc., untuk unjuk gigi dalam sidang pleno ini.

Pembukaan acara dibuka oleh Ketua KMA lama yang didampingi masing-masing sebelah kanan dan kiri yaitu Tgk. Riza Fadli Abdullah, yang menjabat sebagai sekretaris I, Tgk. Iswar Sukarsa, sebagai sekretaris II, Tgk. Muhammad Husni Mukhtar sebagai Wakil Ketua II, Tgk.

Muchlis Diafarni sebagai Bendahara I dan Tgk. Yermijal Firdian sebagai Bendahara II, juga para seluruh koordinator bidang. seperti Bidang Pendidikan yang di koordinir oleh Tgk. Abdul Halim, Bidang Litbang yang dikoordinir oleh Tgk. Muttaqin Anas, Bidang Bakat dan Seni yang dikoordinir oleh Tgk. Faudhari.

Ada juga Bidang Humas yang di wakili oleh Tgk. Khairul Umam, Bidang Olah Raga yang dikoordinir oleh Tgk. Sufrizal, Bidang Kesejahteraan yang dikoordinir oleh Tgk. Faisal Ishaq. Bidang Keputrian yang dikoordinatori oleh Tgk. Puspa Rahmayani.

Sidang berjalan dengan penuh khidmat dan tampak serius, walaupun ada canda tawa di dalamnya. Juga terlihat di sana para panitia acara yang sibuk bolak-balik di dalam ruangan, ada yang sibuk mencatat para hadirin yang datang, perekam video, pengatur acara, pemasak hidangan yang langsung dikoordinir oleh Tgk. Ramli dan Tgk. Juanis.

Bagian Humas dan Perlengkapan acara yang sehari sebelumnya telah bekerja keras untuk mengantarkan surat dan perlengkapan untuk acara. Juga hadir para warga KMA yang ada di seluruh penjuru Mesir, mereka datang khusus untuk mengikuti acara yang diadakan setahun sekali itu. selesai pengurus KMA membacakan hasil kerja di dalam sidang dan diterima oleh segenap hadirin yang datang maka berakhirlah acara Syura Bil Muhasabah.

Selesai Shalat Ashar yang dilaksanakan di masjid yang berdekatan dengan sekretariat KMA, maka dimulailah acara Pemilihan Ketua KMA yang baru.

Sebelum acara ini dimulai para nasyider KMA telah unjuk kebolehan dalam dunia tarik suara yang dibawakan oleh Tgk. Zulhelmi, dkk. acara di mulai dengan pembukaan oleh Koordinator Majlis Syura Tgk. Amri Fatmi Lc., setelah beliau membuka acara, beliau langsung menampakkan di layar Projektor, kandidat yang telah dipilih oleh para warga KMA dan telah di saring oleh Majlis Syura yaitu Tgk Mubashshirullah bin Musa dan Tgk. Muhammad Husni Mukhtar untuk diperkenalkan kepada publik KMA.

Setelah perkenalan acara dilanjutkan dengan kampanye para kandidat kurang lebih masing-masing 5 menit. Situasi haru terjadi ketika para kandidat menyampaikan orasinya, masing-masing kandidat meminta kepada hadirin untuk tidak memilihnya, selesai orasi para kandidat acara di lanjutkan dengan pembagian kertas suara kepada seluruh jajaran warga KMA yang hadir untuk memilih siapa yang akan menjadi nahkoda baru KMA Mesir.

Setelah menunggu selama setengah jam, kertas suara telah terkumpul seluruhnya ke dalam kotak suara yang kemudian dibacakan oleh Tgk. Jamal satu persatu.

Situasi sengit dan canda tawa pun terjadi ketika awal pembacaan kertas suara yang kedua kandidat memperoleh suara yang sama, tetapi setelah berselang setengah jalan pembacaan kertas suara mulai mengarah kepada Tgk. Mubashshirullah yang kemudian dimenanginya.

Tepuk tangan para hadirin pun mulai melebar setelah pembacaan kertas suara diselesaikan. Setelah semua surat suara terselesaikan maka berakhir pula acara pemilihan ketua KMA baru.

Setelah Shalat Maghrib selesai acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan-kesan dari ketua KMA yang baru dan ditutup dengan pembacaan doa dan santapan hidangan yang telah di siapkan oleh Panitia Konsumsi.

Penulis adalah Akitifis World Achehnese Association (WAA), Mahasiswa Fakultas Al-Azhar, Cairo- Mesir.

Rate this post
0

Loading Facebook Comments ...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...