Bansigom Donja keu Aceh

Pelatihan Manasik Haji Di Sekretariat KMA-Mesir

Pelatihan Manasik Haji Di Sekretariat KMA-Mesir
Rate this post
Mahasiswa Aceh ikut Pelatihan Manasik Haji Di Sekretariat KMA-Mesir [Foto Azwir Muhammad Hasan / Waa].

WAA News – Jumat 20/11/2009

Oleh: Azwir Muhammad Hasan

MESIR – Ahad 8 November 2009, KMA kembali mengadakan pelatihan manasik haji untuk calon jama’ah haji dari Mahasiswa Aceh-Mesir. Acara yang dilaksanakan setiap tahun ini dimotori oleh Departemen Pendidikan KMA, sebagai jembatan atau pelatihan bagi mereka yang ingin menunaikan ibadah haji.

Peserta pelatihan ini tidak hanya terdiri dari calon jamaah haji baru, tetapi juga diramaikan oleh jamaah haji tahun sebelumnya. Hal ini mereka lakukan untuk memperdalam kembali ilmu-ilmu tentang haji yang sudah pernah dipelajari.

Acara yang berlangsung khidmat ini, dimulai dari pukul 15:15 CLT, atau tepatnya setelah selesai shalat Ashar. Acara dimulai dengan pembukaan oleh protokol, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Tgk. Daud. Setelah itu, Koordinator Departemen Pendidikan Tgk. Fajriansyah menyampaikan kata-kata sambutan, lalu diikuti oleh Ketua KMA yang diwakili oleh Tgk. Muhammad Yasin Jumadi.

Selesai pembukaan acara, barulah dilanjutkan dengan pelatihan manasik haji yang langsung disampaikan oleh Tgk. H. Muhammad Fadhilah, Lc. tentang rukun dan wajib dalam ibadah haji atau umrah, setelah itu ditambahkan Tgk. H. Musa Abu Bakar selaku pemateri ke-II tentang tata cara pelaksaan ibadah haji.

Mahasiswa banyak mendapatkan ulasan-ulasan tentang tata cara beribadah haji yang baik dan benar, dan juga beberapa pengalaman dari pemateri selama menunaikan beribadah haji.

Acara yang berlangsung alot itu kembali dilanjutkan setelah selesai Shalat Maghrib, tentang praktek ibadah haji, yang juga diasuh langsung oleh kedua pemateri. Berbagai pertanyaan ikut mewarnai pelatihan, pertanda antusias peserta yang begitu besar. Acara pelatihan ini baru selesai pada pukul 21:00 CLT. sekaligus ditutup dengan doa.

Azwir Muhammad Hasan adalah Aktivis World Achehnese Association berdomisili di Mesir

Pelatihan Manasik Haji Di Sekretariat KMA-Mesir
Rate this post
0

Comments

comments


Loading...

18. November 2017

Clear all