Bansigom Donja keu Aceh

Pemda Kabupaten Bireuen Adakan Pelatihan Penggunaan Alat Uji tanah Sawah Dan Lahan Kering

Pemda Kabupaten Bireuen Adakan Pelatihan Penggunaan Alat Uji tanah Sawah Dan Lahan Kering
Rate this post

Irhas-dan-Husaini-tim-peneliti-dari-Balai-penggkajian-teknologi-pertanian-Aceh-–-BPTP-sedang-memberi-petunjuk-cara-menggunakan-alat-uji-foto-dok-acdk1.jpg

WAA NEWS – Fakhrurrazi, Sp (Kepala Bp2kp) Kabupaten Bireuen dalam kata sambutannya menyampaikan, hari ini kamis 4 oktober 2012, Bp2kp Kabupaten Bireuen bekerja sama dengan BPTP Aceh melakukan pelatihan bersama kepada penyuluh yang diwakili oleh setiap kecamatan di Kabupaten Bireuen tentang cara penggunaan perangkat uji tanah sawah dan lahan kering atau Paddy Soil Test Kit yang di ikuti lebih kurang 100 orang penyuluh, pelatihannya kita laksanakan di sisni di Bp3K Jeumpa.

Pada pelatihan atau praktik ini para penyuluh di tatar cara menggunakan PUTS (perangkat uji tanah sawah dan PUTK (perangkat uji tanah kering) yang merupakan salah satu teknologi hasil ciptaan balai penelitian tanah Bogor, tujuannya adalah untuk memberi ketrampilan kepada para penyuluh pertanian agar trampil dan dapat menganalisa tanah untuk menghasilkan rekomendasi pemupukan yang spesifik lokasi, demikian sebut Ir. Nasir Ali tim ahli dari BPTP Aceh.

Ir. Nasir Ali melanjutkan penting nya penyuluh mendapat pendidikan yang benar untuk kemudian bisa di sampaikan dengan betul kepada masyarakat sehingga tidak salah dalam pelaksanaanya nanti, sebab masyarakat akan selalu mencontohi dan mengikuti apa yang di lakukan oleh penyuluh.

Dalam diskusi kecil secara detil tim ahli BPTP Aceh yang merupakan putra kabupaten Bireuen tersebut memberi tau, bahwa beliau punya cita-cita ingin meciptakan satu kawasan yang disana ada sumber lahan tersedia, kemudian kemampuan SDM yang menguasai teknologi dalam rangka untuk peningkatan kwalitas SDM yang terbina secara kusus.

Tarmizi Age (Mukarram) Pembina ACDK yang di beri kesempatan berbicara mengajak semua penyuluh yang hadir untuk bekerja sungguh-sungguh sehingga memberi ilmu dan pengetahuan kepada petani agar para petani maju dan sukses, karena jika semua petani di kabupaten Bireuen bisa maju dan sukses, sudah hampir bisa di tebak bahwa Bireuen ini sudah maju, sebab menurut saya salah satu alat ukur kemajuan sebuah daerah sangat tergantu sejauh mana di daerah tersebut petani bisa maju, ini adalah tugas kita semua orang Bireuen dan Aceh, Praktik penggunaan alat uji ini di pandu oleh Irhas dan Husaini (tim peneliti dari Balai penggkajian teknologi pertanian Aceh – BPTP).

Dalam acara tersebut juga terlihat hadir tim surve lahan sawah dari Dirjen Sarana dan Prasarana Kementrian Pertanian RI yang bekerja mengidentifikasi sawah di kabupaten Bireuen agar pemerintah bisa mendapat jumlah luas areal sawah yang benar, menurut Zainal Abidin sebagai ketua tim , mereka akan berada di Bireuen selama 3 hari.

Oleh Tarmizi Age (Mukarram) adalah salah seorang Pembina Lembaga ACDK

Pemda Kabupaten Bireuen Adakan Pelatihan Penggunaan Alat Uji tanah Sawah Dan Lahan Kering
Rate this post
0

Comments

comments


Loading...

18. October 2017

Clear all