Bansigom Donja keu Aceh

Peringatan 10 Tahun Tragedi Berdarah di Simpang KKA

Rate this post

WAA News – Selasa 05/05/2009
Siaran Pers
Peringatan 10 Tahun Tragedi Berdarah di Simpang KKA
Korban Tuntut Segerakan KKR & Pengadilan HAM

BANDA ACEH – Krueng Geukuh, Sekitar 100-an korban dan keluarga korban Simpang KKA menggelar do’a bersama memperingati 11 tahun tragedi berdarah yang telah mengakibatkan 46 orang meninggal dan 156 orang lainnya mengalami luka tembak. Peringatan dengan menggelar doa bersama ini dilakukan setiap tahunnya pada tanggal 3 Mei di lokasi kejadian di Desa Paloh Lada, Simpang KKA, Kec. Dewantara, Aceh Utara. Do’a bersama dimulai pada pukul 09.00 dan dipimpin oleh Tgk. Hasballah, salah seorang tokoh masayarakat di desa tersebut.

Seusai menggelar do’a bersama, Murtala, Ketua Komunitas Korban Pelanggaran HAM Aceh Utara kepada media massa yang meliput peringatan tersebut meminta agar pemerintah segera membentuk KKR dan Pengadilan HAM di Aceh. “Kami butuh keadilan dan pengungkapan kebenaran atas apa yang terjadi terhadap kami ketika operasi militer diberlakukan. Kami ingin penyelesaian tragedi Simpang KKA bisa segera diselesaikan melalui KKR dan Pengadilan HAM”, kata Murtala.

Murtala juga menyesalkan sikap pemerintah yang mengulur-ulur waktu membentuk kedua mekanisme penyelesaian pelanggaran HAM tersebut. Menurutnya pemerintah hanya menunjukkan keseriusan dan keberpihakan mereka terhadap korban hanya ketika mereka membutuhkan dukungan politik, tetapi tidak serius melaksanakannya. “Kami berharap legislatif terpilih baru Aceh ke depan yang didominasi oleh partai lokal untuk memprioritaskan agenda-agenda keadilan bagi korban pelanggaran HAM”, sambung Murtala.

Ibu Saddam Hussein tak sadarkan diri melihat pohon siri

Sementara itu, Fauziah (40 thn), salah seorang keluarga korban yang turut hadir pada acara do’a bersama tersebut terjatuh setelah acara do’a bersama. Fauziah tidak sadarkan diri selama 15 menit dan terus menangis sambil menunjuk-nunjuk ke arah pohon siri yang terletak di jalur sebelah kanan Simpang KKA. Fauziah adalah ibu kandung dari Saddam Hussein yang pada saat kejadian terkena tembakan di kepala sebelah kanannya ketika dalam gendongan ibunya dan meninggal. Ketika itu umurnya baru 7 tahun dan masih duduk di bangku kelas satu sekolah dasar.

Salah seorang keluarga korban Simpang KKA yang membantu menenangkan Fauziah mengatakan Fauziah masih trauma bila melihat pohon siri tersebut, apalagi pohon itu sudah ada ketika tragedi Simpang KKA terjadi pada 3 Mei 1999. (KA)

Komunitas Korban Pelanggaran HAM Aceh Utara

Murtala                                  

Ketua                                                                                   

 

Safri bin Ilyas

Sekretaris

 

Konfirmasi:

085277911277 (Murtala)

Perdamaian Berkeadilan untuk Aceh!

KontraS Aceh

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan Aceh

The Aceh Commission for Disappearances and Victims of Violence

Jl. Mujur No. 98 A, Lingkungan Raja Jalil, Gampong Lamlagang

Banda Aceh 23239 Indonesia Telp./Fax. +62-651-40625

Email: kontrasaceh_federasi@yahoo.com Website: www.kontras.org/aceh

Rate this post
0

Loading Facebook Comments ...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...