Bansigom Donja keu Aceh

Silaturrahmi Dan Rumah Terbuka Pada Hari Raya Haji di Denmark

Silaturrahmi Dan Rumah Terbuka Pada Hari Raya Haji di Denmark
Rate this post

Jamaah sedang Takbir

WAA News – Dalam tahun ini, masyarakat Aceh di Denmark dan aktivis World Acehnese Association (WAA) mengadakan acara silaturrahmi dan rumah terbuka (open house) pada hari raya haji kelima, Sabtu 19/10/2013 di Filstedvej 10. 9000 Aalborg.

Acara silaturrahmi dan rumah terbuka dimulai pada pukul 12:00 hingga berakhir pukul 18:00, sebagaiman yang sudah diberitahukan sejak awal oleh panitia melalui Forum Mufakat DK. Para panitia sudah lebih awal datang ketempat acara yang sudah diberikan oleh pemerintah kota Aalborg melalui usaha dan hubungan Organisasi WAA dengan pemerintah setempat selama ini untuk melakukan berbagai aktivitas ke Acehan.

Tempat paking mobil pun sudah mulai terisi satu persatu sesuai deretan, itu bertanda para hadirin sudah datang. Para panitia bersama atau syedara-syedara yang sudah duluan datang melakukan penyambutan tetamu dengan bersalam-salaman satu sama lain dan mengucapkan MEUAH LAHÈ BATÈN sambil tersenyum ramah.

Seunyum ramah berhari raya

Sebelum duduk, syedara-syedara yang hadir duluan menberi sesuatu bungkusan pada panitia atau meletakkan pada tempatnya. Bungkasan tersebut ternyata makanan khas Aceh atau kuwéh uroë raya yang mereka bawa dari rumah masing-masing secara lazim ketika bersilaturrahmi, seperti halnya yang biasa terjadi di Aceh.

Senyuman suasan berhari raya yang merupakan keikhlasan insan yang tidak dapat disembunyikan. Begitu juga yang terjadi dalam acara silaturrahmi rumah terbuka bagi masyarakat Aceh di denmark pada hari itu. Di setiap meja ada saja desah desus cerita mereka yang mengembirakan, sekali-kali nampak terdengar suara keriangan dan keceriaan ketika bertemu dengan sesama syedara sebangsa sabil makan dan minum.

Di lain ruangan, ada juga aktivitas mulia untuk anak-anak pada hari tersebut, yaitu mengaji yang dipandu oleh guré (guru) sukarela. Setelah acara pengajian anak-anak dan makan bersama, maka semua hadirin melakukan takbir bersama yang di pimpin oleh Tgk.Safwand sebagai tanda Puji dan syukur kepada Allah yang maha kuasa atas segala karuniaNya dan nikmat yang sudah diberikan kepada kita semua.

Seleusai itu, beliau juga menyampaikan sedikit tausiah meunjangkut dengan tentang senyum berhari raya dalam arti keramahtamahan sesama, serta mengakhiri acara tersebut dengan doa. Salanjut nya panitia acara juga mengucapkan terimakasih kepada semua hadirin yang telah sudi hadir pada acara silaturrahmi reumah terbuka itu dan atas apa yang sudah di korbankan untuk meyukseskan acara tersebut.

Dalam masa waktu 6 jam itu cukup berarti bagi mereka, semua hadirin cukup meluangkan waktu dengan rakan-rakan dan haidaitaulan nya dalam berhari raya. Team kordinator WAA mengatakan, open house yang kembali digelar di Filstedvej itu merupakan agenda program tahunan Organiasasi WAA untuk ajang silaturrahmi sekaligus inisiativ bersama masyarakat Aceh di denmark dalam mengwujutkan keakraban dan persaudaran seusama bangsa aceh dalam rangka suasana hari raya Aidul Adha.

Oleh, Nek Hassan

Silaturrahmi Dan Rumah Terbuka Pada Hari Raya Haji di Denmark
Rate this post
0

Comments

comments


Loading...

18. October 2017

Clear all