Bansigom Donja keu Aceh

WAA Mendorong Terwujudnya Pemerintahan Aceh Yang Efektif

Rate this post
Komisi (IV) Membahas House of Aceh dan Pemilu 2011, pada Konferensi dan Silaturrahmi Bansigom Donja II WAA di Denmark, pada 22 hingga 26 juli 2010.[Foto/Dok/WAA].

Selasa 08/02/2011

WAA Mendorong Terwujudnya Pemerintahan Aceh Yang Efektif

Meyikapi semakin dekatnya Pilkada di Aceh, WAA tetap berusaha sesuai dengan hasil rekomendasi  Konferensi dan silaturrahmi WAA II pada juli 2010. Langkah tersebut dengan mendorong terwujudnya pemerintahan yang efektif, efisien dan transparan. Karena itu WAA mendorong agar proses rekrutmen politik untuk periode yang akan datang atau dalam pemilu 2011 ini bisa berlangsung lebih baik.

Hasil rekomendasi yang menjadi pijakan kita saat ini adalah,

Kepada Partai-Partai Politik di Aceh

1. WAA sangat mendorong terwujudnya pemerintahan yang efektif, efisien dan transparan. Karena itu WAA mendorong agar proses rekrutmen politik untuk periode yang akan datang atau dalam pemilu 2011 ini bisa berlangsung lebih baik. Karena itu WAA mendesakkan beberapa pemikiran:

a. Partai-partai politik di Aceh agar melakukan seleksi kandidat secara terbuka dan transparan.

b. Khusus untuk Partai Aceh – sebagai the ruling party – forum WAA Mendorong PA untuk melakukan konvensi internal PA dimana setiap orang terbuka dan mandapat ruang untuk mencalonkan diri dengan beberapa indicator internal yang bisa diusulkan kemudian.

c. Untuk mengakomodasi  keseimbangan wilayah maka kandidat yang diusung harus merefleksikan keterwakilan wilayah-wilayah seperti wilayah Timur – Utara, wilayah Tengah – Tenggara dan wilayah Barat – Selatan.

d. Guna menciptakan mekanisme cross – balancing, maka semua kandidat yang mencalonkan diri untuk posisi pemerintahan harus melakukan kontrak politik dengan rakyat melalui wakil-wakil mereka di lembaga dan partai-partai politik

e. Anggota parlemen terpilih – baik di level propinsi maupun kabupaten – senantiasa berfikir dan berniat untuk meningkatkan kapasitasnya melalui program-program pelatihan singkat dan regular. Selanjutnya semua hasil pelatihan tersebut juga harus diaplikasikan secara maksimal dalam menjalankan fungsi keparlemenan yang ada.

Demikian,

Fjerritslev – Denmark
Selasa 08/02/2011
 

Tarmizi Abdul Ghani/Mukarram
Koodinator  World Achehnese Association (WAA)
Ban Sigom Donja Keue Aceh!

Rate this post
0

Comments to WAA Mendorong Terwujudnya Pemerintahan Aceh Yang Efektif

Loading Facebook Comments ...
  • Semoga yang akan menjadi kandidat, bisa lebih efektif dalam menanggapi berbagai hal yang terjadi serta lebih mengutamakan kepentingan masyarakat luas daripada kepentingan kelompok/individu. Yang kita harapkan bersama semoga Aceh sukses di masa yang akan datang, krisis kepemimpinan yang berlalu dapat menjadi pelajaran berharga kepada kita semua.

    Irwan Tapol Atjeh 8. February 2011 21.58 Reply
  • semoga semua pihak yang punya existensi diaceh dapat melakukan sebuah wahana yang baru demi dampaknya kedekatan pihak pihak eksikutive dan legislatif atau para kandidat sendiri dengan masyarakat yang tidak hanya memberi janji janji manis..tapi setelah mereka ada di kursi atau jabatan terjunlah ke dalam masyarakat untuk mengenal kehidupan masyarakat atau paling tidak adanya keterbukaan dengan elemen sayarakat di gampong gampong.untuk menghindarai nya senjata makan tuan…karena sangatlah besar efek kedepan jika terjadi kejenuhan oleh janji jani para elit politik terhadap kesehjateraan pada masyarakat. semoga semua pihak mampu memberikan karya masing masing yang membangun perekonomian rakyat dan kita semua..

    yuswadi 9. February 2011 20.19 Reply

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...