Bansigom Donja keu Aceh

Warga Aceh di Norwegia mengenang 4 tahun Tsunami

Warga Aceh di Norwegia mengenang 4 tahun Tsunami
Rate this post

Pada sabtu 27 December 2008 sebuah gedung yang terletak di Bidel hus, Storhak, Stavanger, Norwegia menjadi tempat bagi warga Aceh di Norwegia untuk mengenang 4 tahun Tsunami. Acara yang bertajuk “ Peuingat 4 Thoen Tsunami “ ( Peringatan 4 tahun Tsunami ) “turut di hadiri oleh warga Aceh dari Denmark.

Menurut Erna salah seorang waraga Aceh di Norwegia yang sebelumnya pernah menetap di Denmark mengatakan bahwa peringatan Tsunami di Norwegia benar-benar mengingatkan kita kembali pada apa yang pernah di alami oleh rakyat Aceh 4 tahun yang lalu.

Pertandingan melukis kejadian Tsunami yang di ukuti oleh puluhan anak-anak Aceh di Norwegia dan Denmark merupakan salah satu momentum penting kejadian Tsunami untuk bisa di ingati di masa yang akan datang.

Tgk Abdul Qadir Hasballah yang bertindak sebagai Kordinator keseluruhan Acara Peuingat 4 Thoen Tsunami yang di hubungi mengatakan, acara di awali dengan pertandingan melukis untuk anak pada jam 16.00 dengan masa yang diberikan 1 jam untuk menyelesaikan lukisan kejadian Tsunami di Aceh pada 26 December 2004 di kertas yang telah di siapkan oleh penitia.

Selanjutnyan Acara Peringatan Tsunami di buka oleh Abu Gani Peureulak dan di lanjutkan oleh Sulaiman Abdul Gani sebagai protocol Acara dan seterusnya untuk keberkatan acara Hj Zulkifli membacakan beberapa ayat Al-Quran.selanjutnya ucapan singkat peringatan tsunami yang keu 4 di sampaikan langsung oleh Tgk Abdul Qadir Hasballah, seterusnya Tgk Ali Samalanga mebaca doa untuk para korban Tsunami dan konflik yang telah meninggal dunia di Aceh.

Sesaat setelah Doa bersama berakhir, dewan juri yang berjumlah 4 orang mengambil mulai memeriksa lukisan anak peserta yang ikut ambil bagian. Adapun Dewan juri terdiri dari Muhammad Nyak Din Meulaboh dan Ernawati dari Norwegia, sementara dari Denmark Zulkifli Yahya ( Geutjhiek Don )dan Ruyani Daud.

Tgk Abdul Qadir mengatakan kira jam 7.00 petang Dewan Juri membacakan keputusan mereka, dan secara keseluruhan wanita menjadi manyoritas dalam menggondol hadiah, antaranya, Mahyuni Tgk Abdul Qadir Hasballah ( 13 tahun ) Norwegia hadiah pertama, di ikuti oleh Riza Muhammad ( 12 tahun )Norwegia yang kedua, Zahrah Zulkifli ( 8 tahun ) Denmark yang ke tiga Atirah Tgk Abdul Qadir Hasballah ( 8 tahun )Norwegia yang ke empat.dan selanjutnya mereka di berikan hadiah yang telah di sediakan penitia.

Dengan itu bermakna acara peuingat 4 thoen Tsunami yang yang di pusatkan di Norwegia oleh World Acehnese Association ( WAA ) di tutup dengan sukses [ Tarmizi Age aktifis WAA ]

Denmark 28 December 2008  

Warga Aceh di Norwegia mengenang 4 tahun Tsunami
Rate this post
0

Comments

comments


Loading...

23. October 2017

Clear all